Kuota Haji 2017 Naik Kuota Petugas Kesehatan Haji Ikut Naik

Berita

Kesehatanhaji.com – Dihimpun dari beberapa media nasional, kuota haji Indonesia tahun 2017 naik menjadi 221.000 calon jemaah haji.  Hal tersebut diumumkan oleh presiden RI Ir. Joko Widodo kemarin (11 Januari 2017) di Istana Merdeka. Beliau mengumumkan bahwa Kuota Haji Indonesia pada tahun 2017 Naik menjadi 221.000 calon jemaah haji.

Seperti kita ketahui sejak tahun 2013, kuota haji di seluruh dunia di kurangi karena proses perluasan Masjidil Haram, Indonesia sendiri terkena pengurangan yang cukup banyak yaitu sekitar 52.000 orang. Namun, perluasan Masjidil Haram saat ini telah selesai dan kuota haji untuk Indonesia kembali normal.

Pada tahun kemarin, kuota haji 2016 adalah 168.800 orang. Tahun 2017 ini naik menjadi 221.000 orang, ungkap Menteri Agama Lukman.

Penambahan Kuota Haji Sebesar 10.000 Calon Jemaah Haji Indonesia

Sebenarnya, kuota haji untuk Indonesia hanya 211.000 orang, namun Pemerintah Arab Saudi menyetujui permintaan tambahan kuota haji sebesar 10.000 orang, sehingga total kuota haji untuk Indonesia berjumlah 221.000 orang.

Keberhasilan ini tidak lepas dari usaha pemerintah Indonesia untuk melakukan diplomasi kepada Kerajaan Arab Saudi terkait dengan kuota haji. Terhitung sudah dua kali pemerintah Indonesia mengajukan permintaan kenaikan kuota haji selama pemerintahan Ir. Joko Widodo presiden, yaitu pada bulan September 2015 dan kemudian pertemuan dengan Deputi Kerajaan Arab Saudi saat di Hangzhou, RRC pada bulan September 2016.

Menurut Dirjen PHU ( Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah ), Abdul Djamil, Indonesia adalah negara pertama yang mendapat pengembalian kuota jemaah haji dan sekaligus juga penambahan kuota sebanyak 10.000 orang.

Kuota haji Indonesia dikembalikan kepada kuota asal yang semula dipotong 20 persen, itu masih ditambah lagi 10 ribu. Itu yang merupakan hasil dari pembicaraan presiden dan pihak terkait di Arab sehingga total kuota kita 221 ribu,” ungkap Abdul di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Hari Kamis 12 Januari 2017 kemarin.

 

Perkiraan Jumlah Kloter lebih dari 500 Kloter pada tahun 2017

Beliau juga menjelaskan bahwa pemberangkatan kloter diseluruh Indonesia tahun 2016 kemarin mencapai 385 kloter. Tahun ini diperkirakan akan menjadi 500 kloter lebih yaitu 505 kloter akan diberangkatkan dari 13 embarkasi yang ada di Indonesia. Tentu saja ini butuh persiapan yang matang.

Persiapan sudah dilakukan sejak akhir 2016 kemarin, mulai dari pembahasan BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) dengan Komisi VIII DPR, persiapan dalam negeri seperti : persiapan pelunasan, persiapan manasik, persiapan petugas dan lain sebagainya.

Dan yang tidak kalah penting adalah persiapan di luar negeri yaitu di Arab Saudi, persiapan tersebut meliputi akomodasi, transportasi, layanan armina, dan layanan lainnya.

 

Diutamakan Calon Jemaah Haji yang Belum pernah Berhaji

Adapun terkait dengan pelunasan BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji), beliau menjelaskan akan ada dua tahap seperti tahun-tahun yang lalu. Tahapan pertama mereka yang ada dalam daftar tunggu dan belum pernah berhaji dimasukkan terlebih dahulu, kalau masih ada sisa kuota akan direncanakan untuk dibuka pelunasan kedua antara lain untuk lansia dan untuk yang lunas tunda -yang keberangkatannya tertunda karena suatu hal-, bisa karena hamil, karena sakit atau karena sebab lain sehingga belum memenuhi kriteria istithaah.

Adapun terkait dengan penambahan kuota untuk petugas kesehatan haji Indonesia yang sudah dipastikan mengingat penambahan kuota calon jemaah haji Indonesia yang berangkat, pihak Kementrian Kesehatan masih belum melakukan pengumuman. Biasanya pengumuman nominasi petugas kesehatan haji Indonesia memang menunggu kepastian dari Kementrian Agama, tentang jumlah kloter dan pembagian kloter di 13 embarkasi haji Indonesia.

Kita tunggu saja, namun InsyaAllah tahun 2017 ini, akan lebih banyak kesempatan untuk menjadi petugas kesehatan haji Indonesia daripada tahun tahun sebelumnya.

sumber : liputan6

1 thought on “Kuota Haji 2017 Naik Kuota Petugas Kesehatan Haji Ikut Naik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *