Jembatan Melingkar Thawaf di bongkar

Berita

Kesehatanhaji.com – Jembatan melingkar disekitar Ka’bah dibongkar, seperti dikutip dari detik dot com bahwa tujuan pembongkaran pada jembatan semi permanen ini adalah untuk memastikan jembatan laik pakai dan aman bagi jemaah yang beribadah di Masjidil Haram. Untuk melihat secara langsung (live) prosesnya silahkan lihat di sini : Live Streaming Masjidil Haram

*****

Jakarta – Mataf, jembatan melingkar di sekitar Kakbah, dibongkar. Mataf yang dibongkar ini adalah jembatan semi permanen untuk mengakomodasi ibadah selama proyek peluasan Masjidil Haram dikerjakan. Pembongkaran dilakukan untuk memastikan jembatan laik pakai. Seluruh bagian mataf, mulai dari AC, ventilasi, lampu, sound system, jam, hingga kamera pengawas, diperiksa.

 

dokumentasi KUHI – detik dot com

Berdasarkan foto yang didapatkan detikcom dari Kantor Urusan Haji Kemenag RI, Sabtu (16/4/2016), sejumlah pekerja tampak naik menggunakan tangga mesin. Beberapa terlihat tengah mengecat. Pada saat bersamaan, di bagian lainnya, ribuan jemaah khusyuk beribadah.

Mengutip pernyataan pejabat setempat pada Jumat (15/4), situs Arab News menyebutkan perbaikan diperkirakan memakan waktu 11 hari. Tidak kurang 14.000 ahli, teknisi, dan pekerja terlibat. Sementara proyek berjalan, tawaf dilakukan di lantai 1 dan teras.

dokumentasi KUHI – detik dot com

“Semua lantai terkoneksi dengan eskalator,” kata salah satu panitia pengerjaan proyek, Wael el-Halabi.

Perluasan mataf hanya salah satu proyek di Masjidil Haram. Jika semua proyek sudah selesai, maka Masjidil Haram akan mampu menampung 1,5 juta jemaah. (try/faj)

Sumber

Update : Ternyata per tanggal 09/06/2016 Jembatan masih belum ada tanda-tanda di bangun kembali, mungkinkah musim haji tahun ini akan tanpa jembatan tawaf. kita akan tunggu diperkembangan selanjutnya. Musim haji masih sekitar 3 bulan lagi, masih lama, barangkali sedang dipersiapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *