Perbedaan Haji Tamattu Qiran Ifrad

Manasik

Ibadah haji adalah ibadah yang wajib bagi umat Islam yang mampu. Ibadah ini merupakan rukun Islam yang kelima. Setiap muslim pasti ingin melakukannya, namun tidak semua orang diberikan kesempatan.

menurut petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, ibadah haji dapat dikerjakan dengan 3 cara yaitu :

Haji Tamattu’ 

Haji Tamattu’ adalah mendahulukan umrah dari ibadah haji. Yaitu memakai ihram dari miqat dengan niat umrah pada musim haji, setelah tahallul, memakai ihram lagi dengan niat haji pada hari Tarawiah (8 Dzulhijah). 
Bagi yang melaksanakan haji Tamattu’ diwajibkan membayar dam. Haji dengan cara ini sering dilakukan oleh jama’ah haji dari Indonesia, karena mempertimbangkan biaya haji yang tinggi dan lokasi Indonesia yang jauh dari kota Mekkah dan Madinah.

Untuk niat haji tamattu’ adalah sebagai berikut :

لبيك عمرة متمتعا بها إلى الحج 

Haji Qiran 

Haji Qiran adalah haji dan umrah dilakukan secara bersamaan. Yaitu memakai ihram dengan niat umrah dan haji sekaligus. Dengan demikian segala amalan umrah sudah tercakup dalam amalan haji. 
Cara pelaksanaannya adalah: ihram dari miqot dengan niat untuk haji dan umrah sekaligus melakukan seluruh amalan haji

Bagi yang melaksanakan haji Qiran diwajibkan membayar dam.
Adapun niat haji Qiran adalah sebagai berikut :

لبيك عمرة في حجة atau لبيك عمرة وحجا 

Haji Ifrad 

Haji Ifrad adalah proses melakukan ibadah haji yang terpisah antara ibadah haji dan ibadah umrah. Dalam ritual ibadah haji Ifrad, yaitu melaksanakan ibadah haji terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan ibadah umrah. 
Dalam pelaksanaannya waktu memakai ihram dari miqad dengan niat haji saja, kemudian tetap dalam keadaan ihram sampai selesai haji (hari raya kurban). Setelah selesai melaksanakan ibadah haji baru dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah umrah. 
Yang melaksanakan haji ifrad tidak diharuskan membayar dam. 
Untuk bacaan niat haji ifrad adalah sebagai berikut : 
لبيك حجا

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *