Kemenag Rekrut Petugas Haji dari TNI Polri

Berita

Dikutip oleh kesehatanhaji.com dari harian JawaPos edisi tanggal 22 April 2016.

JAKARTA – Kementrian Agama (Kemenag) berencana merekrut anggota TNI/Polri sebagai petugas penyelenggara ibadah haji tahun ini. wacana itu muncul sebagai respon atas kejadian atau bencana yang tidak diinginkan seperti tahun lalu.
Seperti diketahui, pada penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu, banyak jamaah yang menjadi korban luka dan tewas akibat jatuhnya derek Crane di Masjidil Haram dan insiden berdesakan di Mina. Karena itu, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakin Saifuddin menuturkan, diperlukan petugas yang paham betul kondisi mitigasi berencana dan manajemen krisis.
Selain meningkatkan kemampuan para petugas yang ada, Kemenag akan menambah jumlah petugas yang paham soal penanganan bencana.
“Mereka diharapkan bisa lebih siap saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan”, tutur Lukman saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Jakarta, kemarin (21/4).
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Jamil menambahkan, niatpun sudah dikomunikasikan dengan pihak TNI/Polri dan mendapat respon positif.
“Selama ini memenag sudah ada keterlibatan. Tapi, nanti mereka akan terjun langsung menjadi petugas” Kata Jamil saat ditemui dalam kesempatan yang sama.
Jamil mengungkapkan, kinerja TNI/Polri sudah sangat teruji di lapangan. Mereka telah mendapat pembekalan yang baik untuk mitigasi bencana. Ilmu pun bisa disalurkan kepada petugas lain melalui koordinasi yang baik. “Nanti ada juga unsur DVI (Disaster Victim Identification) yang dimasukkan,” paparnya. (mia/c7/sof)
kutipan harian jawapos 22/4/2016

Semoga Pelayanan Haji selalu meningkat dari tahun ke tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *