Kapan Pengumuman Tes Psikometri?

Psikometri Rekrutmen

Judul di atas mewakili kegelisahan rekan2 sejawat calon petugas kesehatan haji Indonesia menunggu pengumuman “Nominasi Pelatihan Petugas Kesehatan Haji”
Kemungkinannya cuma ada dua :

  • Tidak masuk nominasi pelatihan

  • Masuk nominasi pelatihan

Gelisah boleh tapi jangan sampai nyusahi orang. Saya akan menerangkan kembali sedikit tentang rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia. Pertama bila ingin daftar menjadi petugas kesehatan haji harus melakukan registrasi online, registrasi online dapat dilakukan disini. Ikuti petunjuk disana, mulai dari membuat akun, pengambilan nomor formulir, melengkapi data pribadi, mendapatkan nomor formulir, tes potensi, tes psikometri dan kemudian nominasi pelatihan. Nominasi Pelatihan sendiri akan ada nominasi daerah untuk TKHI dan nominasi nasional untuk PPIH Kesehatan.

Penerimaan petugas kesehatan haji Indonesia ini diatur dalam Peraturan Mentri Kesehatan No. 25 Tahun 2013 beserta lampiran persyaratan lengkap.

Sampai hari ini 28/04/2016, pengumuman “Nominasi Pelatihan” masih belum keluar artinya memang belum diumumkan. Padahal menurut jadwal tentatif Rekrutmen Petugas Kesehatan Haji 2016 ini seharusnya nominasi pelatihan harus sudah mulai keluar.

Update 2017 : Pengumuman Nominasi TKHI & PPIH 2017 sudah bertahap diumumkan mulai tanggal 15 April 2017

Hal ini membuat galau, rekan-rekan calon petugas, bahkan ada yang istri-nya ikutan galau, sehingga bertanya ke Facebook Kesehatan Haji. Memang inilah cobaan pertama sebagai calon petugas kesehatan haji Indonesia, yaitu menunggu panggilan atau pengumuman “Nominasi Pelatihan Petugas”. Allah subhanahuwata’ala akan memanggil kita disaat yang tepat. Kita wajib berprasangka baik kepada Allah.

Perlu diketahui bahwa tes psikometri ini sudah diwajibkan sejak rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia itu ada, tujuannya adalah untuk menjamin bahwa setiap petugas kesehatan Haji Indonesia mampu melaksanakan tugas dengan baik. Tekanan kerja disana tinggi dan harus 24 jam siap melayani jamaah haji, kadang harus mengabaikan rasa ngantuk dan lelah bahkan mengabaikan ritual ibadah haji yang sedang kita kerjakan.

Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, hasil tes psikometri memang tidak diumumkan oleh Panitia Rekrutmen PKHI. Panitia hanya mengumumkan Nominasi Pelatihan bukan Hasil Tes Psikometri, mengapa?

Karena proses seleksi dan penilaian PKHI ini mempunyai banyak variabel dan tes psikometri ini hanya merupakan salah satu variabel tersebut. Tes Psikometri ini akan menunjukkan calon petugas layak atau tidak. Proses pemberian Nominasi Pelatihan juga harus berkoordinasi dengan Pihak Kemenag terkait dengan jumlah kloter dalam embarkasi, yang setiap tahunnya bisa berubah. Nominasi Peserta Latih Prinsip nominasi pelatihan PKHI adalah yg masuk harus sesuai jumlah kloter.
Dalam masa penungguan ini para calon petugas kesehatan haji Indonesia diharapkan mempunyai kesiapan mental yang baik, apapun hasilnya. Hanya ada 2 kemungkinan keputusan yang akan ditetapkan bagi calon petugas kesehatan haji Indonesia, yaitu masuk Nominasi Pelatihan atau tidak masuk Nominasi Pelatihan.

Tidak Masuk Nominasi Pelatihan

Semua calon petugas kesehatan haji Indonesia pasti tidak ada yang berharap tidak masuk Nominasi Pelatihan, semua berharap masuk dan bisa mengikuti pelatihan, untuk kemudian melayani jemaah haji Indonesia selama musim haji tahun ini. Namun, bila kita tidak masuk dalam Nominasi Pelatihan, maka kita harus menyiapkan mental tidak perlu kecewa. Kita mempunyai keyakinan bahwa takdir Allah untuk kita itu lebih baik, dan kita tidak tahu, seperti disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah : 216
Allah Ta’ala pun telah berfirman,

و عسى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وهُوَ خَيْرٌ لكَمْ وَعَسى أَنْ تُحِبُّوْا شَيْئا وهو شرٌّ لكم واللهُ يعلمُ وأَنْتُمْ لا تَعْلمُوْنَ
“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 216)
Kita tidak boleh berprasangka buruk pada Alloh merupakan bentuk cemooh atau ingkar pada takdir Alloh, Misalnya dengan mengatakan “Seharusnya saya bisa lulus dan berangkat haji.” Atau ucapan, “Kok saya sudah coba berkali-kali tapi ngga lulus-lulus ya? Apa Alloh ngga sayang sama saya ya” serta bentuk ucapan-ucapan yang lain. Banyak orang berprasangka buruk pada Alloh baik yang berkaitan dengan dirinya sendiri maupun orang lain.

Jangan sampai kita seperti orang-orang jahiliyah seperti dalam firman Alloh Ta’ala yang artinya :
Mereka menyangka yang tidak benar terhadap Alloh seperti sangkaan jahiliyah. Mereka berkata: ‘Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini?’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Alloh.’ Mereka menyembunyikan dalam hati mereka apa yang tidak mereka terangkan kepadamu; mereka berkata: ‘Sekiranya ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini.’ Katakanlah: ‘Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh.’ Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati.” (Ali-Imran: 154)

Masuk Nominasi Pelatihan

Ini adalah amanah dari Alloh Ta’ala dan wajib kita jalankan dengan baik dengan penuh tanggung-jawab. Masuk dalam Nominasi Pelatihan, berarti anda sudah dipanggil oleh Alloh Ta’ala untuk menjadi pelayan jemaah haji Indonesia di Tanah Suci. Sebagai wujud syukur tersebut, anda harus menjalani pelatihan dengan serius, agar ilmu yang disampaikan saat pelatihan bisa menjadi bekal melayani masalah kesehatan jemaah haji Indonesia di Tanah Suci.
Alloh memanggil, bukan sembarangan memanggil, Alloh sedang ingin menguji anda dengan menjadi Petugas Kesehatan Haji Indonesia.
Ketahuilah, Alloh Ta’ala memanggil manusia di dunia ini hanya pada :

  1. Panggilan Shalat (Adzan)
  2. Panggilan Haji
  3. Panggilan Kematian

Maka jangan pernah disia-siakan panggilan haji tersebut, tunaikan dengan penuh tanggung jawab. Menjadi pelayan tamu Allah ada pahala tersendiri disisi-Nya, insyaAllah. Semoga yang belum dipanggil oleh Allah sebagai petugas kesehatan haji tahun ini diberikan rejeki yang lebih baik, dan yang diberikan amanah menjadi petugas kesehatan haji bisa menjalankan tugas dengan baik dan menjadi petugas kesehatan haji yang mabrur, aamiin..

Awal Perjalanan anda sekarang dimulai, tunaikan amanah dari Allah dan sebagai bonusnya anda akan menjadi petugas kesehatan haji yang mabrur, aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *