TEPAT : Tenaga Pengantar Obat

Operasional
Kesehatanhaji.com – Berbicara tentang pelayanan kesehatan, maka secara tidak langsung akan berhubungan dengan Obat. Kebayang ngga sih beli obat nya gimana? Trus belinya dimana? Apa disana Amoxicillin dijual bebas kayak di Indonesia?
TEPAT – detik.com
Itulah gunanya TEPAT (Tenaga Pengantar Obat). Setiap kloter akan dibekali dengan Koper Obat Kloter, berisi obat-obatan yang dibutuhkan oleh jama’ah haji dalam waktu singkat. Namun adakalanya obat tersebut pasti habis. Bila obat tersebut habis, petugas kesehatan haji kloter dapat melakukan pemesanan obat dengan 2 cara :

1. Manual

Yaitu melalui form permintaan obat yang telah disediakan oleh Puskeshaji. Form ini kemudian diantar ke Sektor masing-masing sesuai dengan pemondokan kloter yang bersangkutan.

2. Melalui Aplikasi Siskohatkes (khusus petugas)

Aplikasi Siskohatkes adalah aplikasi berbasis Android yang dikembangkan oleh Puskeshaji untuk memudahkan proses pelayanan kesehatan, termasuk di dalamnya yaitu pemesanan obat dan update stok. Cara kerja aplikasi ini mirip dengan form permintaan obat, tapi dengan aplikasi ini lebih mudah karena petugas tidak perlu pergi ke Sektor, cukup mengisi aplikasi ini saja. Beberapa saat kemudian TEPAT akan mengantarkan obat ke Pemondokan kita. Mudah dan praktis
Dalam operasionalnya, TEPAT selalu menggunakan sepeda, jauh atau dekat. Biasanya mereka akan stay di Sektor Pemondokan. Saya penasaran, kemudian saya bertanya kepada salah satu TEPAT disana, bukankah lebih enak dan cepat memakai sepeda motor?
Jawabannya cukup mengejutkan :
Dia menjelaskan karena bengkel sepeda motor sangat sulit ditemui disana, bahkan tambal ban saja susah katanya. Pernah sesekali dia mengantarkan obat-obatan dengan jalan kaki (kasihan banget ngga sih…) karena ban Sepedanya Bocor, ngga ada tambal Ban disana. Dalam kondisi panas dan bayangin saja bawa obat berkresek-kresek dan jaraknya jauh, belum lagi nyebrang jalan di Arab Saudi itu susah sekali karena ngga ada Zebra Cross ataupun jembatan penyeberangan) kata mas TEPAT sektor4 Makkah 2015.
TEPAT dg sepeda nya – foto : kemenag.go.id
Peran TEPAT sendiri sebenarnya sudah sangat membantu petugas kesehatan haji Indonesia. Semoga Pemerintah bisa memberikan fasilitas yang lebih baik untuk para TEPAT agar pelayanan kesehatan bagi Jamaah Haji Indonesia bisa lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *