Petugas Kesehatan Haji Wajib Punya Ponsel Android

Operasional

Kesehatanhaji.com – Gara-gara menjadi petugas kesehatan haji Indonesia periode 1436 H atau 2015 M kemarin, Tn. Mahmud mengaku lebih sering menggunakan ponsel (handphone) android sekarang. Sebenarnya awalnya beliau terpaksa menggunakan ponsel ber-platform Android karena setiap petugas kesehatan haji Indonesia wajib menggunakannya selama di Arab Saudi.

Namun lama kelamaan, beliau terbiasa menggunakan ponsel android, bahkan sampai saat ini beliau lebih senang menggunakan ponsel android untuk kebutuhan telpon, sms dan internet nya.
Ponsel Android 

 

Mengapa di Wajib kan Petugas Kesehatan Haji mempunyai Ponsel Android?

Ponsel Android akan digunakan untuk banyak hal selama di Arab Saudi, seperti menginstall aplikasi Siskohatkes, Haji Pintar, LINE, Whatsapp, BBM, Telegram yang notabene nya adalah aplikasi berbasis Android. Semua aplikasi tersebut akan mempermudah proses pelayanan komunikasi dan kesehatan selama di Arab Saudi. Kita ambil contoh aplikasi wajib bagi petugas kesehatan haji : Siskohatkes v3
Aplikasi ini berisi banyak hal, mulai dari visitasi dan order obat, input pasien, chatting antar petugas dan lain-lain. Aplikasi ini terhubung dengan server yang ada di Indonesia, sehingga informasi dengan cepat dapat diperoleh, terutama untuk informasi jama’ah haji yang sakit atau meninggal, secara update ditampilkan di website Siskohatkes. Semoga saya diberikan kesempatan untuk mengupas aplikasi Siskohatkes di 2016 ini.
aplikasi wajib petugas kesehatan haji : Siskohatkes v3 – Playstore

Apakah ponsel android disediakan sendiri atau disediakan pemerintah?

Pada tahun 2015 kemarin, ponsel android disediakan sendiri oleh petugas kesehatan haji Indonesia. Sebelum tahun 2015, ponsel android dipinjami oleh pemerintah, namun karena versi OS Android nya sudah kadaluarsa untuk mengikuti perkembangan aplikasi Siskohatkes, maka petugas kesehatan haji Indonesia diminta menyediakan ponsel android sendiri. Ponsel Android kini sudah bukan barang mewah, bahkan bisa dibilang sebagai barang kebutuhan warna negara indonesia, mulai dari pengusaha kelas kakap sampai pengamen dan pengemis di kota besar-pun punya ponsel android. Harganya-pun sudah terjangkau.
aplikasi android : Haji Pintar – Playstore

Adakah spesifikasi khusus untuk ponsel android yang harus dimiliki oleh petugas kesehatan haji Indonesia?

Spesifikasi ponsel tentu saja ada. Fungsi utama ponsel android di Arab Saudi adalah untuk mempermudah akses informasi terutama melalui aplikasi Siskohatkes. Berikut ini adalah minimum kebutuhan ponsel android untuk menjalankan Siskohatkes v3 :
1. OS Android 4.0 atau diatasnya
Os Android yang terbaru saat ini adalah Android 5 Lolipop, sedangkan untuk menjalankan aplikasi Siskohatkes hanya membutuhkan OS Android 4 Jelly Bean.
2. RAM Ponsel Minimal 1 GB
Setiap ponsel android mempunyai kemampuan mengolah data dengan bantuan CPU dan RAM layaknya perangkat komputer. RAM yang dibutuhkan minimal 1 GB. Sudah menjadi standar dipasaran, ponsel dengan OS Android versi 4 keatas rata-rata sudah menggunakan RAM diatas 1 GB.
3. Layar ponsel minimal 4 inch
Layar 4 inch adalah layar minimal untuk bisa menjalankan aplikasi Siskohatkes v3 dengan baik, artinya tidak ada kendala tehnis tampilan. Kerja juga semakin nyaman.

Layar Minimal 4 Inch, Pilih Ponsel Android atau Tablet Android ?

Nah, sebenarnya perangkat yang bisa menjalankan aplikasi Siskohatkes v3 minimal berlayar 4 inchi, maka tablet dengan ukuran layar lebih dari 4 inchi bisa digunakan untuk aplikasi Siskohatkes ini. Tablet dengan ukuran 7 inchi bisa digunakan, tapi sangat tidak nyaman untuk operasional di Tanah Suci. Saya sendiri merekomendasikan untuk menggunakan ponsel bukan tablet atau semi ponsel-tablet (Phablet) dengan layar 4-5 inchi. Inilah ponsel yang nyaman untuk operasional selama di Tanah Suci.

Powerbank selama di Tanah Suci, perlukah?

Saya sendiri menimbang perlunya petugas kesehatan haji mempunyai powerbank, sebagai back-up power ponsel android yang sering habis saat diluar gedung. Walaupun hampir disetiap tempat yang dikunjungi ada colokan untuk melakukan pengisian baterai ponsel, namun saya merekomendasikan untuk mempunyai powerbank untuk mempermudah operasional disana. Powerbank yang dijual beraneka ragam, tergantung kebutuhan. Kapasitas yang saya rekomendasikan adalah minimal 10000 MaH. Dengan kapasitas tersebut, bisa digunakan untuk mengisi ponsel 2x.

Kartu hape selama di Tanah Suci?

Semoga saya diberikan kesempatan untuk menulis lebih jauh mengenai kartu handphone yang dapat digunakan untuk telpon dan akses internet selama di Tanah Suci. Ada berbagai macam operator disana : Mobily, STC, Zain. Perlu diketahui juga, bagi anda yang mempunyai kartu ponsel dari Indonesia dapat digunakan untuk telpon dan akses internet di Tanah Suci, tapi harus mengaktifkan paket roaming khusus ibadah Haji/Umroh.
Bersambung insyaAllah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *