Santunan Korban Crane 2015 masih dalam Proses

Berita
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang dikutip dari kemenag.go.id menegaskan, santunan yang dijanjikan Pemerintah Arab Saudi akan diberikan kepada keluarga korban musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram masih diproses. Penegasan ini disampaikan Menag di hadapan Komisi VIII DPR RI dalam kesempatan Rapat Kerja di Gedung DPR Senayan, Kamis (14/01).
Beliau juga menjelaskan bahwa Konsulat Jendral (Konjen) RI di Jeddah telah melengkapi data dan berkas yang dibutuhkan pemerintah Arab Saudi untuk keperluan pencairan dana bantuan tersebut. Pencairan dana bantuan tersebut kini masih dalam proses.
Pada saat penyelenggaraan ibadah haji tahun 2015, terjadi musibah jatuhnya salah satu Crane di Masjidil Haram yang mengakibatkan banyak korban meninggal maupun luka-luka. Musibah tersebut terjadi pada hari Jum’at tanggal 11/11/2015. Tercatat sekitar 12 jama’ah haji Indonesia meninggal dan lebih dari 45 jama’ah luka-luka. (Banyak keutamaan yang didapat oleh jama’ah haji yang meninggal saat itu, karena meninggal hari Jum’at dan berada di depan Ka’bah, Allah subhnahuwata’ala memang menghendaki mereka yang meninggal khusnul khotimah)
Pemerintah Arab Saudi sendiri menjanjikan dana santunan sebesar 1 juta riyal atau sekitar 3,8 Milyar Rupiah bagi korban yang wafat dan jama’ah terluka yang menyebabkan cacat fisik serta 500 ribu riyal atau sekitar 1,9 milyar rupiah untuk jama’ah yang mengalami luka-luka yang tidak menyebabkan kecacatan.
Subhanallah, langkah Arab Saudi sebagai Pelayan Dua Kota Suci layak mendapatkan apresiasi.
Menurut Menag, Pemerintah melalui Konjen dan Teknis Urusan Haji (TUH) di Jeddah terus memonitor dan berkomunikasi dengan Pemerintah Arab
Saudi. Pemerintah Indonesia sudah memenuhi semua permintaan Pemerintah Saudi. 
Beliau juga menjelaskan bahwa bukan hanya korban dari Indonesia saja yang belum cair, tetapi juga dari negara-negara lain yang menjadi korban musibah tersebut. Pemerintah melalui Konjen RI selalu mengupayakan untuk melakukan diplomasi mengenai hal ini, semoga dana santunan tersebut segera cair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *