Vaksinasi Influenza untuk Jamaah Haji dan Umroh

Kesehatanhaji.com – Kesehatan merupakan salah satu istithaah yang harus dipenuhi oleh jemaah haji Indonesia. Setiap jamaah haji Indonesia harus sehat baik secara fisik maupun secara batin atau jiwa. Kesehatan merupakan salah satu faktor yang menentukan seorang jamaah mampu atau tidak, istithaah atau tidak dalam menjalankan ibadah haji.

Manfaat imunisasi dan vaksinasi bagi tubuh

Imunisasi dan Vaksinasi sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama pada orang orang yang daya tahan tubuhnya masih berkembang seperti anak anak dan juga pada orang yang sudah lanjut usia. Vaksinasi akan membantu sistem kekebalan tubuh manusia untuk lebih alert atau siaga akan adanya infeksi susulan yang akan di derita oleh manusia.

Selain mencegah terserang penyakit menular, vaksinasi juga terbukti dapat mengurangi tingkat keparahan suatu penyakit. Misalnya, pada penyakit influenza yang berat, dengan adanya vaksinasi ini mungkin orang tersebut masih bisa terserang influenza, namun gejala dan komplikasinya tidak berat.

Vaksinasi Influenza adalah Vaksinasi Tidak Wajib namun Dianjurkan bagi Jamaah Haji Indonesia

Seperti hal nya di negeri Jiran, Malaysia, Vaksinasi Influenza bukan vaksinasi wajib bagi jemaah haji. Namun ada baiknya jemaah haji yang mempunyai faktor resiko melakukan vaksinasi, untuk mencegah apa yang tidak diinginkan saat menunaikan ibadah haji.

Dengan merebaknya virus virus influenza seperti Flu Burung (H5N1), Flu Babi (H1N1), dan juga Mers Co-V tidak ada salahnya mengambil vaksinasi ini walaupun belum tentu bermanfaat karena virus virus tersebut mirip namun berbeda jenisnya.

Baca Juga :

Siapa yang sebaiknya mengambil Vaksinasi Influenza?

Pemberian vaksin influenza harus disesuaikan dengan varian virus yang sedang aktif saat itu. dan biasanya penyakit influenza ini tidak akan bisa dihindari.

Vaksin influenza dianjurkan untuk diambil oleh jamaah yang mempunyai faktor resiko sebagai berikut :

  • Pengidap penyakit kronis : gangguan ginjal, sakit jantung, gangguan pernapasan, diabetes, dan gangguan sistem saraf.
  • Pasien imunodefisiensi.
  • Pengidap penyakit metabolik.
  • Pengidap obesitas.
  • Wanita hamil.

Sumber : Alodokter

Apakah Vaksin Influenza yang halal bagi Jamaah Haji Indonesia?

InsyaAllah halal, apabila sudah tersertifikasi MUI sebagai pemegang sertifikasi halal. Namun kembali lagi kepada vaksin tersebut berasal, alangkah bijak menanyakan terlebih dahulu sebelum melakukan vaksinasi kepada dokter.

Biaya vaksinasi influenza dan bagaimana cara mendapatkan nya?

Karena Vaksinasi ini tidak masuk dalam BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji), maka setiap jamaah yang ingin melakukan vaksinasi ini harus mengeluarkan biaya sendiri. Biaya Vaksinasi Influenza berkisar Rp 300.000,00  sampai Rp 500.000,00 tergantung vaksin yang digunakan

Mencegah lebih baik dari pada mengobati

About Syaifuddin Zuhri 134 Articles
Seorang muslim, praktisi medis di sebuah rumah sakit provinsi, lulusan fakultas kedokteran Undip, alumni TKHI 2015 SUB 25

Be the first to comment

Kami bukan PANITIA REKRUTMEN, terima kasih telah menyesuaikan pertanyaan/komentar