Apakah Tes Psikometri itu?

Kesehatanhaji.com – Tes Psikometri adalah tes yang lazim kita dengarkan saat kita sedang mencari kerja. Banyak perusahaan yang melakukan tes psikometri saat penerimaan pegawai, hal ini dikarenakan perusahaan tidak mau menjadikan karyawan yang akan bekerja di perusahaannya tersebut terbebani dan akhirnya menimbulkan gangguan kesehatan bagi karyawan tersebut, seperti stress dan akibat bagi perusahaan seperti kerugian akibat produktivitas menurun. Nah kali ini saya akan mengajak pembaca untuk sedikit mengetahui tentang Apakah Tes Psikometri itu?

Tes Psikometri merupakan salah satu alat ukur yang mendekati  untuk mengukur kemampuan psikis seseorang. Termasuk pada saat rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia, Tes ini wajib, dan yang tidak lolos tentu tidak akan masuk ke dalam proses nominasi pelatihan kompetensi dan integrasi.

Pengertian Tes Psikometri

Tes Psikometri adalah tes yang digunakan untuk mengukur aspek psikis seseorang. Aspek psikis yang dimaksud termasuk diantaranya adalah daya tahan bekerja, stress, kepribadian dan lain sebagainya. Banyak sekali aspek yang bisa dinilai oleh Tes Psikometri ini, Instrumen Tes nya pun banyak sekali dan setiap instrumen pengukuran tes psikometri mempunyai spesifikasi sendiri – sendiri.

Mengapa harus ada Tes Psikometri dalam rekrutmen pegawai atau petugas kesehatan haji Indonesia?

Sedikit sudah saya singgung kenapa rekrutmen pegawai perusahaan atau pemerintah harus menggunakan instrumen psikometri. Namun saya akan merangkumnya menjadi beberapa poin agar mudah dipahami :

  1. Tes Psikometri memperkirakan tingkat produktivitas seseorang
  2. Tes Psikometri mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang
  3. Tes Psikometri memperkirakan loyalitas calon karyawan (dedikasi terhadap pekerjaan)
  4. Tes Psikometri dapat memberikan posisi pada pekerjaan yang cocok dan lain lain

Jenis-jenis Tes Psikometri yang biasa diujikan

Jenis tes psikometri sangat banyak, dan tergantung dari data apa yang ingin diperoleh. Salah satu yang cukup terkenal dan skala nya cukup lengkap yaitu MMPI. MMPI versi yang terbaru adalah MMPI 2 yang cukup lengkap. Merupakan perpaduan banyak pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta tes

Tes Koran atau Tes Pauli – Krepplin, tes ini cukup sederhana, peserta diminta menjumlah angka-angka yang telah disediakan. Walaupun sederhana, bukan berarti mudah lho, butuh konsentrasi, ketelitian, stabilitas emosi dan daya tahan.

Tes Menggambar, sudah lazim dilakukan. Biasanya berupa perintah meneruskan beberapa titik atau garis sehingga menjadi suatu gambar yang dapat dipersepsikan oleh orang lain. Cukup mudah, namun harus tetap kreatif.

Tes Wawancara, sering dan hampir pasti dilakukan saat melakukan tes psikometri, khususnya Tes Psikometri Tenaga Kesehatan Haji Indonesia. Jawab jujur dan bersikaplah sopan dan baik.

Cara menilai Tes Psikometri

Cara menilai Tes Psikometri tergantung dari jenis instrumen yang digunakan. Biasanya para peneliti Psikometri sudah menentukan skala pengukuran dan kategori penilaian. Instrumen yang dipakai disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau instansi pemerintah, juga disesuaikan dengan jabatan atau pekerjaan yang akan ditangani oleh calon pekerja tersebut.

Tips mengerjakan soal-soal Psikometri

Tips mengerjakan Psikometri secara garis besar adalah jangan membohongi diri sendiri, apalagi jenis tes MMPI 2 yang sering diujikan dalam rekrutmen Petugas Kesehatan Haji Indonesia. Jujur dan Konsisten akan jawaban yang diambil. Jujur artinya tidak boleh membohongi diri sendiri, karena kalau membohongi diri sendiri hanya karena agar nilai bagus, maka akan sulit menjaga konsistensi jawaban pada soal-soal berikutnya. Konsisten itu maksudnya jawaban soal yang satu dengan yang lainnya akan bersinergi secara tetap, karena pertanyaan dalam soal MMPI 2 itu dibuat agak mirip dan bisa menipu.

Untuk tes jenis lain, misalnya Tes Krepplin – Pauli, yang lebih mengandalkan ketahanan dan progressitas kerja, maka ini bisa dilakukan latihan dengan mengerjakan soal-soal tersebut. Rutin dan bertarget, insyaAllah akan mahir dan memperoleh nilai yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau instansi pemerintah.

Demikian penjelasan singkat tentang Apa itu Tes Psikometri, semoga bermanfaat.

About Syaifuddin Zuhri 134 Articles
Seorang muslim, praktisi medis di sebuah rumah sakit provinsi, lulusan fakultas kedokteran Undip, alumni TKHI 2015 SUB 25

Be the first to comment

Kami bukan PANITIA REKRUTMEN, terima kasih telah menyesuaikan pertanyaan/komentar