PPIH dan Pelayanan Kesehatan Daerah Kerja selama Ibadah Haji

Kesehatanhaji.com – Ada perbedaan yang mencolok tentang pembagian Daker (Daerah Kerja) PPIH di Arab Saudi pada tahun 2015 lalu. Kalau pada tahun-tahun sebelumnya Daerah Kerja dibagi menjadi 3 yaitu Daker Jeddah, Daker Mekkah dan Daker Madinah, pada tahun 2015 lalu pembagiannya menjadi Daker Bandara, Daker Mekkah dan Daker Madinah. 

Daker Bandara – Madinah

Perubahan pembagian ini tak luput dari pemberlakuan pendaratan pesawat yang ditumpangi jama’ah haji yang mendarat di Bandara AMAA Madinah. Artinya Jama’ah Haji Gelombang pertama akan mendarat di Madinah melalui Bandara AMAA Madinah. 

Dulu semua penerbangan haji akan mendarat di Jeddah, untuk kemudian diangkut ke Madinah dengan menggunakan bus-bus yang disediakan. Namun seiring dengan perkembangan perluasan bandara AMAA Madinah, maka mulailah pendaratan penerbangan jama’ah haji bisa dilakukan di Madinah langsung.

Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah
PPIH yang berada di masing-masing Daerah Kerja (Daker) adalah dari unsur kemenag maupun dari unsur kemenkes.
 
Mereka akan melayani segala macam kebutuhan jama’ah haji terutama kesehatan. 
 
Pada saat prosesi haji, akan ada pergeseran petugas PPIH di Tanah Suci. Karena sudah tidak dibutuhkan di Bandara, PPIH Bandara akan bergeser ke Arafah untuk melakukan pelayanan disana sebagai satuan tugas operasional (Satop) ARMINA di Arafah. 
Tenda-tenda Jama’ah di Mina
PPIH Madinah akan bergeser ke Mina dan menjadi satuan tugas operasional (Satop) ARMINA di Mina
 
Sedangkan PPIH Mekkah tetap berada di Mekkah dan menangani satuan tugas operasional (Satop) ARMINA di Muzdalifah.
 
Dulu yang bertanggung jawab menjadi satuan tugas operasional Arafah adalah PPIH yang ada di Daker PPIH Jeddah, tapi karena Daker PPIH Jeddah sudah tidak ada maka posisi ini digantikan oleh Daker PPIH Bandara.
 
About Syaifuddin Zuhri 133 Articles
Seorang muslim, praktisi medis di sebuah rumah sakit provinsi, lulusan fakultas kedokteran Undip, alumni TKHI 2015 SUB 25

1 Comment

Kami bukan PANITIA REKRUTMEN, terima kasih telah menyesuaikan pertanyaan/komentar