Rekrutmen 5 Tes Psikometri

Setelah hasil pemberkasan keluar, maka akan ditentukan calon petugas kesehatan haji yang berhak masuk kepada tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya adalah Tes Psikometri, tes ini bertujuan untuk menjamin kemampuan mental petugas kesehatan haji Indonesia. Tidak mungkin bagi pemerintah merekrut calon petugas kesehatan yang sakit secara mental, petugas yang ketahanan jiwa-nya tidak kuat menghadapi tugas-tugas yang akan dilakukan selama operasional haji tahun berjalan.

Setiap petugas dipersyaratkan untuk mengikuti pemeriksaan kemampuan mental (evaluasi psikiatri).

Yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani Tes Psikometri

Setelah dinyatakan lulus pemberkasan, anda akan diminta melakukan daftar ulang tes Psikometri. caranya dalah dengan menekan tombol menu DAFTAR ULANG PSIKOMETRI. Setelah menekan tombol tadi, anda akan diminta memilih tempat anda akan melakukan tes psikometri. Sebelum melakukan tes psikometri, jangan lupa persiapkan kartu ujian psikometri, diprint sendiri sesuai dengan ketentuan Puskeshaji. Untuk persiapan, buat minimal 2 kartu. Kartu tersebut dimintakan tanda tangan dokter spesialis pemeriksa dan stempel Rumah Sakit.

 

Baca juga : Pilih berangkat bertugas atau menemani anak yang dirawat di ICU

 

Ada beberapa cara tes psikometri, salah satunya adalah dengan mengerjakan soal MMPI 2. Silahkan rekan-rekan calon petugas kesehatan haji mempelajari tes psikometri tersebut. Ada pula tes yang lain yang biasa dilakukan oleh rumah sakit penyelenggara tes psikometri, diantaranya tes menggambar, Krepplin, dll.

Pemeriksaan kemampuan mental akan diatur kemudian menurut standar dan prosedur yang berlaku, pendaftar yang mengikuti pemeriksaan kemampuan mental adalah seluruh pendaftar yang berkasnya dinyatakan VALID. Informasi status validasi berkas akan diinformasikan melalui akun peminat.

Pemeriksaan Psikometri HANYA bisa dilakukan di Rumah Sakit yang telah ditunjuk oleh Kementrian Kesehatan untuk menyelenggarakan pemeriksaan psikometri. Informasi tentang rumah sakit bisa dilihat di akun masing-masing saat melakukan daftar ulang guna kepentingan tes psikometri.

Walaupun sudah lolos sampai tes psikometri, belum tentu nanti akan lolos tes-tes selanjutnya, jadi belum tentu berangkat bertugas, tetap perbanyak do’a dan usaha pelajari tes ini dengan baik. Semoga Allah meridhoi do’a kita semua menjadi petugas kesehatan haji Indonesia… Aamiin…

 

CATATAN TERKAIT DENGAN TES PSIKOMETRI :

  1. Daftar ulang tes psikometri HANYA bisa dilakukan setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi berkas.
  2. Daftar ulang dilakukan dengan menekan tombol DAFTAR ULANG PSIKOMETRI di Menu akun rekrutmen Puskeshaji. Kemudian peserta akan memilih rumah sakit tempat tes psikometri akan dilakukan. Kemudian CETAK KARTU Tes Psikometri. Cetak dan Buatlah 2 kartu tes. Biasanya satu kartu diminta rumah sakit, satunya lagi kita bawa untuk di tanda tangan dan di stempel rumah sakit sebagai bukti peserta telah menjalani tes psikometri di rumah sakit yang ditunjuk Puskeshaji. Untuk jaga-jaga siapkan pula beberapa foto ukuran 3×4 dan 4×6 barangkali dibutuhkan saat tes psikometri.
  3. Tes Psikometri Rekrutmen Petugas Kesehatan Haji Indonesia, HANYA bisa dilakukan di Rumah Sakit yang telah ditunjuk oleh Panitia Rekrutmen PKHI (Puskeshaji), tidak bisa dilakukan di luar tempat tersebut karena pengiriman hasil tes psikometri DILAKUKAN OLEH rumah sakit yang bersangkutan. Jadi peserta tidak akan bisa mengirim hasil tes sendiri karena hasil tes tidak diserahkan kepada peserta tes psikometri atau diserahkan tapi tidak untuk dikirimkan ke panitia rekrutmen. Peserta hanya akan mendapatkan kartu tes psikometri yang sudah ditanda tangani dan distempel sebagai.l bukti sudah menjalani tes psikometri.

Baca juga : Kapan Pengumuman Tes Psikometri?

Semoga usaha kita semua diridhoi oleh Allah.. ikhtiar, perbanyak do’a dan amal shaleh..

About Syaifuddin Zuhri 134 Articles
Seorang muslim, praktisi medis di sebuah rumah sakit provinsi, lulusan fakultas kedokteran Undip, alumni TKHI 2015 SUB 25

Be the first to comment

Kami bukan PANITIA REKRUTMEN, terima kasih telah menyesuaikan pertanyaan/komentar