Rekrutmen 3 Tes Potensi Peminat

Tahap selanjutnya adalah Tes Potensi Peminat. Tahap ini adalah tahap rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia setelah tahap 2 Pengambilan nomor formulir. Berbeda dengan rekrutmen tahap 1 pembuatan akun yang dibuka sepanjang tahun, tahap tes potensi ini tidak berlangsung sepanjang tahun. Tes ini biasanya diadakan 6-7 bulan sebelum musim haji berlangsung, bisa maju bisa mundur, menyesuaikan keadaan di lapangan. Misalnya tahun 2016 ini, keberangkatan jemaah haji sekitar bulan Agustus 2016, maka tes potensi yang telah diadakan pada bulan Januari sampai Februari. Kepastian tanggal harus menunggu pengumuman resmi dari Puskeshaji. Beberapa catatan penting untuk Tes Potensi Peminat :

  1. Tes potensi peminat PKHI (Petugas Kesehatan Haji Indonesia) merupakan tahapan selanjutnya setelah pendaftar mempunyai akun peminat Petugas Kesehatan Haji Indonesia dan Nomor Formulir.
  2. Materi tes potensi ini meliputi : Kebijakan, Tehnis, Bahasa dan Ritual Haji dan Umrah
  3. Tes potensi wajib diikuti bagi peminat yang telah menetapkan tahun 2016.
  4. Pendaftar diberi kesempatan melakukan tes potensi sebanyak 5 (lima) kali dengan waktu 100 menit untuk setiap kesempatan.
  5. Dari 5 kali kesempatan tersebut, akan diambil nilai yang terbaik.
  6. Pastikan koneksi internet lancar.
  7. Pengumuman rentang waktu pelaksanaan tahapan ini disampaikan atau diumumkan, dengan ketentuan: pengumuman BUKA disampaikan atau ditayangkan di website Pusat Kesehatan Haji selambat-lambatnya pada 1 (satu) hari sebelum pembukaan dan pengumuman penutupan disampaikan selambat-lambatnya 5 (lima) hari sebelum penutupan.

Baca juga : Petugas Haji diharapkan mengerti bahasa Inggris dan arab

Tips mengerjakan Soal Tes Potensi

Ada beberapa tips saat mengerjakan tes potensi peminat :

  1. Pastikan bahwa tidak ada pekerjaan lain selain mengerjakan soal tes potensi
  2. Memastikan bahwa internet lancar dan tidak putus-putus
  3. Menjawab soal sambil browsing internet sambil Berdoa yang banyak. Maksudnya browsing materi yang diperlukan untuk menjawab soal yang sedang dihadapi, barangkali ada yang keluar. Namun perlu diketahui, soal-soal tentang kebijakan pelayanan kesehatan tentu saja banyak yang berubah. Maka dari itu, saya himbau calon-calon petugas kesehatan haji yang akan melakukan tes potensi rekrutmen PKHI harus benar-benar meneliti kapan berita atau materi dalam internet itu dibuat, takutnya kebijakan nya sudah tidak sama seperti yang sekarang.
  4. Tidak ada trik khusus atau cheat
  5. Jangan berharap soal mengulang, kalaupun mengulang mungkin hanya sedikit
  6. Alangkah baiknya bertanya kepada rekan-rekan petugas kesehatan haji Indonesia yang sudah purna tugas, hal tersebut berguna untuk memantapkan diri dan untuk mengetahui kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan dalam tahap tes potensi ini.
  7. Perhatian : Jangan Pernah Meng-KLIK Unduh Nomor Formulir kalau anda belum yakin hasil tes potensi anda cukup untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Kesalahan yang sering dilakukan
  8. Nilai aman >85.
  9. Apabila anda baru tes sekali namun meng-KLIK Unduh Nomor Formulir, maka anda akan kehilangan kesempatan tes potensi selanjutnya (kesempatan ke 2, 3, 4 dan 5)
  10. Boleh browsing di internet, namun Puskehaji menyiapkan beberapa modul yang bisa di download online disini secara gratis. Modul ini versi 2015 kemarin, mungkin ada sedikit perubahan untuk tahun ini. InsyaAllah masih bisa dijadikan rujukan bagi rekan-rekan sekalian untuk menjawab pertanyaan di tes potensi PKHI.
  1. Modul 1 Tim Kesehatan Haji Indonesia : Etika

  2. Modul 2 Tim Kesehatan Haji Indonesia : Pelayanan Medik dan Askep

  3. Modul 3 Tim Kesehatan Haji Indonesia : Pengendalian Kejadian Penyakit

  4. Modul 4 Tim Kesehatan Haji Indonesia : Komunikasi Efektif dan Pelayanan Kesehatan Haji

  5. Modul 5 Tim Kesehatan Haji Indonesia : Jejaring Kerja

Tes Potensi ini sangat penting karena dalam pembobotan nilainya sangat diperhitungkan, saya katakan nilai aman 85 bukan karena itu passing-grade-nya, tetapi karena saya tidak tahu dan berfikir dari saat mengerjakan soal tes potensi hasil 85 itu sudah maksimal. Semoga Allah subhanahuwata’ala senantiasa memudahkan jalan kita menuju SurgaNya dan menjauh dari siksa Neraka-Nya.

Tahap Selanjutnya : Pemberkasan

About Syaifuddin Zuhri 133 Articles
Seorang muslim, praktisi medis di sebuah rumah sakit provinsi, lulusan fakultas kedokteran Undip, alumni TKHI 2015 SUB 25

9 Comments

  1. “Proses seleksi data elektronik sedang berlangsung” ini status saya sampai dengan batas akhir pengumuman tanggal 11, apakah ini berarti tidak lolos ya? Terima kasih

    • Menurut pengumuman seperti itu, maaf krn kami diluar kepanitiaan, kami hanya mengetahui apa yg kami ketahui

  2. assalamualaikum, mau tanya untuk tes potensi sudah dibuka belum ya? kalo lihat di jadwal kan sudah dibuka tapi pas mau coba tes potensi malah ada tulisan Tes Potensi untuk 1438 H / 2017 M belum dibuka, lalu kelanjutannya bagaimana ya? terimakasih

Kami bukan PANITIA REKRUTMEN, terima kasih telah menyesuaikan pertanyaan/komentar