Rekrutmen 2 Pengambilan Nomor Formulir

Pengambilan Nomor Formulir adalah tahapan selanjutnya setelah peminat mempunyai akun peminat Petugas Kesehatan Haji Indonesia dan mengisi data untuk pendaftar yang berminat menjadi PKHI sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kesehatan maupun Tim Kesehatan Haji Indonesia. Setiap peminat harus memilikinya dan setiap peminat hanya dibolehkan memiliki satu nomor formulir, tidak boleh lebih. Nomor formulir ini akan digunakan sebagai kode identifikasi untuk masuk ke tahapan selanjutnya.
Pengumuman rentang waktu pelaksanaan tahapan ini disampaikan atau diumumkan, dengan ketentuan : pada satu hari sebelum hari pembukaan dan pengumuman TUTUP disampaikan atau ditayangkan selambat-lambatnya 5 (lima) hari sebelum penutupan.

 

Cara mendapatkan Nomor Formulir :

Untuk dapat memperoleh formulir, lakukan langkah-langkah berikut :
  1. Persiapan akses internet untuk pengambilan nomor formulir secara online. Akses internet harus baik dan stabil, hal ini untuk mencegah terjadinya kegagalan sistem mengeluarkan nomor formulir karena akses internet komputer terputus.
  2. Pengambilan Nomor Formulir dilakukan melalui akses AKUN peminat di website http://puskeshaji.depkes.go.id/rekrutmen. Setelah login AKUN peminat di website tersebut, akan tersedia ikon atau tombol pada MENU “DAFTAR SEBAGAI PKHI 2016 atau 2017 atau 2018” untuk memilih tahun tugas dan mendapatkan Nomor Formulir sesuai dengan tahun peminatan.
    Klik Disini Untuk Mendaftar Sebagai PKHI
  3. Tersedia pilihan tahun tugas 2017, 2018, dan 2019. Pendaftar hanya memilih 2 (dua) kesempatan dari 3 (tiga) tahun pilihan penugasan. Pada setiap kesempatan tahun tugas, peminat diharuskan memilih satu jenis tugas tertentu, tugas yang dimaksud adalah sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kesehatan atau sebagai tim kesehatan haji Indonesia. Misalnya anda memilih tahun 2016 ini sebagai tim kesehatan haji indonesia dengan formasi perawat, maka itulah yang harus anda isikan di pilihan yang disediakan.
  4. Pemilihan tahun tugas menjadi dasar penerbitan Nomor Formulir secara otomatis oleh SISTEM, setelah dilakukan SUBMIT. Nomor Formulir biasanya berawalan NF kemudian diikuti oleh tahun yang dipilih dalam bentuk tahun Hijriyah. Untuk tahun depan, apabila anda mengikuti rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia maka anda harus mengambil nomor formulir lagi, untuk tahun depannya.
  5. Penting diketahui bahwa pilihan tahun tugas (setelah SUBMIT) tidak dapat diubah atau diedit.
  6. Pilihan jenis tugas dan tenaga pada pilihan tahun tugas tertentu dapat diubah sebanyak 1 (satu) kali sebelum mengikuti tes potensi. Kesempatan satu kali ini harap diperhatikan oleh calon petugas kesehatan haji Indonesia, jangan sampai pilihan jenis tugas dan tenaga diubah berulang-ulang sehingga terjadi kesalahan dan anda tidak dapat mengikuti tes petugas kesehatan haji indonesia tahap selanjutnya.
  7. Jenis tugas disesuaikan berdasarkan kualifikasi kompetensi dan pengalaman kerja masing-masing pendaftar.
  8. PASANGAN SUAMI-ISTRI tidak dibenarkan memilih tahun tugas yang sama dan akan dikendalikan dengan aplikasi. Sistem yang telah dibuat oleh panitia rekrutmen petugas kesehatan haji Indonesia tidak memungkinkan suami istri untuk mendaftar pada saat bersamaan, hal ini untuk mencegah terjadinya penelantaran tugas sebagai tenaga kesehatan haji Indonesia karena sibuk berjalan-jalan dan berbelanja dengan istri ataupun suami. Untuk menghindari hal tersebut maka panitia rekrutmen mempersyaratkan surat izin dari suami atau istri pada saat tahap pengiriman berkas setelah melakukan tahap tes potensi.

Itulah cara mendapatkan nomor formulir setelah membuat akun peminat, namun alangkah baiknya tetap berkonsultasi dengan teman-teman sejawat yang sudah pernah melakukan tugas sebagai tenaga kesehatan haji indonesia agar tidak salah. Teman-teman yang telah menjadi petugas akan sangat senang membantu proses pendaftaran.

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya” . (HR Muslim)

 

Allah Azza wa Jalla berfirman:

ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya” (QS. Al-Maidah : 2)

Semoga Allah subhanahuwata’ala memberikan kemudahan kepada kita untuk menjadi petugas kesehatan haji Indonesia.

Tahap Selanjutnya : Pengisian E-Filling

About Syaifuddin Zuhri 134 Articles
Seorang muslim, praktisi medis di sebuah rumah sakit provinsi, lulusan fakultas kedokteran Undip, alumni TKHI 2015 SUB 25

18 Comments

  1. mohon informasi apakah rekrut tenaga haji ini khusus untuk tenaga KESEHATAN saja atau boleh utk umum, karena sy pilih TAMUS “tenaga yg sudah ada di madinah atau mekkah”

    • di formasi yang dibutuhkan ada formasi Temus, tapi kami tidak mengetahui penempatannya dimana. Karena kami di luar kepanitiaan

  2. selamat siang admin,maaf mau tanya. apakah jika mengikuti tes potensi hanya satu kali,tidak bisa muncul Nomor Registrasinya? saya coba klik NR kok mucul seperti ini “PENGAMBILAN NOMOR REGISTRASI
    Maaf, anda tidak dapat melakukan pengambilan nomor register karena :

    Pendaftaran 1438 H / 2017 M belum dapat dilakukan saat ini/belum dibuka/sudah ditutup.”
    maksudnya bagaimana y min,,,,mohon infonya.trimakasih

    • Kapan itu tidak bisa nya? Mungkin saat itu sedang dilakukan perbaikan sistem. Kami tidak bisa memberikan info lebih lanjut krn kami di luar kepanitiaan. Diskusi kami alihkan di FP kesehatan haji, terimakasih

  3. mohon informasinya untuk pengambilan nomor registrasi PPIH th 2017 pertanggal 11 desember 2016 kami sudah melakukan pengeklikan berkali kali tetapi tidak muncul sampai saat ini bagaimana solusinya..

  4. Saya ingin mengambil no registrasi tp smpai skrg blm bs di buka atau di tutup jwbanya…truss jgn dowlod berkali2 mksdnya apa ya…nt gak bs kluar nr nya

    • Skrg sistemnya sudah berubah, artikel diatas berlaku untuk rekrutmen thn kemarin, tahun ini sistem berubah total. Silahkan cek E-Filling, isi yg belum dilengkapi. Kami bukan Panitia Rekrutmen, jd kami terbatas pada yg kami tau saja.

    • Maaf kami kesulitan memahami pertanyaannya. Bila memang belum mendaftar silahkan ikuti petunjuk diatas, dengan mengKLIK ‘DAFTAR SEBAGAI PKHI’ di halaman HOME, kemudian mengisi tahun peminatan dan tugas yang akan diikuti.
      Bila berkenan silahkan menjelaskan lebih detail permasalahnya, mulai dari awal. Apakah sudah bisa login di akun puskeshaji? Apakah sudah masuk ke halaman ‘home’ pada akun puskeshaji? Apakah sudah mengKLIK ‘DAFTAR SEBAGAI PKHI 2016/2017/2018’?

  5. Td waktu buat akun udah terdaftar dan no akun udah dpt…tp sptnya email gak msk…spam saya gak tahu hrs buka di mana…atau mgk saya slh mskkan email ya…makanya gak terkirim…gmn solusinya…bs tdk cut perbaiki emailnya…akun dan paswoord udah cut trima

    • Kalau NomorAkun dan Password sudah diterima silahkan melakukan login dg NA dan Password tersebut

  6. Assalam..
    saya sudah mencoba untuk mengambil NF tp tidak pernah berhasil, yg salah dimana ya?jika saya coba untuk lanjut pendaftaran selalu ada jawaban
    ” Pendaftaran Periode 1438 H / 2017 M
    Anda telah terdaftar sebelumnya (7001)
    Silahkan perbaiki dahulu data anda untuk dapat melanjutkan pendaftaran”
    langkah apa yang harus saya lakukan untuk dapat mengambil nmr formulir nya, terimakasih, wassalam

  7. saya mengalami kesalahan dalam melakukan tes kompetensi , dan 1 kali baru saya coba, kapan saya dapat mencoba kembali tes kompetensi ? mohon jawabannya

Kami bukan PANITIA REKRUTMEN, terima kasih telah menyesuaikan pertanyaan/komentar