Aplikasi Rekrutmen PKHI : PKHI-ku

Aplikasi PKHI-ku adalah aplikasi yang dikeluarkan Puskeshaji yang diberfungsi untuk memudahkan para peminat PKHI mengetahui pengumuman-pengumuman melalu inbox aplikasi. Aplikasi ini sangat sederhana dan harus banyak disempurnakan guna memenuhi kebutuhan peminat Petugas Kesehatan Haji Indonesia. Mempunyai beberapa menu, beberapa dari menu tersebut tidak aktif, artinya aplikasi tersebut memang setengah matang.
Dikutip dari website puskeshaji, aplikasi ini memang dibuat dengan sederhana agar mudah digunakan dan mempermudah para peminat PKHI untuk memantau perkembangan proses seleksi PKHI.
Ada beberapa menu :

LOGIN

Ini adalah tampilan pertama yang dilihat ketika membuka aplikasi PKHI-ku. disana akan ada isian Nomor Akun (NA) dan Password, dan tombol login. Untuk mengakses menu utama, peminat harus mengisi Nomor Akun atau NA dan Password tersebut, kemudian tekan LOGIN. Untuk memperoleh nomor akun, silahkan baca petunjuk pembuatan akun peminat. Apabila bermasalah dalam memperoleh nomor akun atau lupa nomor akun nya berapa, silahkan baca cara mengatasi masalah lupa nomor akun. Sampai disini prosesnya cukup mudah

HOME / Menu Utama / Selamat Datang

Halaman pertama muncul setelah berhasil login, berisi beberapa penjelasan singkat mengenai beberapa fitur yang ada dalam PKHI-ku. Dari menu ini kita dapat mengakses semua fitur yang ada.

Inbox

Semua informasi yang dikirim terkait Rekrutmen PKHI ada dalam menu ini. Informasi yang ada sama dengan inbox pada akun di web rekrutmen. Jadi sekarang bisa mengakses informasi yang terbaru menggunakan handphone. Namun sayangnya masih belum mendukung fitur notifikasi atau push notifikasi seperti aplikasi android lain pada umumnya.

Kartu Akun

Menu ini menjadi salah satu kelebihan dari aplikasi. Peminat dapat secara langsung menampilkan hasil cetak kartu akun dalam layar handphone, sehingga tidak perlu lagi membawa hasil print kartu akun dalam proses rekrutmen kedepannya. Hanya tinggal menujukan kartu akun dalam handphone bisa menjadi identitas yang dapat dikenali oleh barcode scaner. Tapi sayangnya sosialisasi penggunaan aplikasi ini yg kurang dan repotnya kalau harus pakai handphone android membuat fitur ini kurang maksimal. Kenyataan di lapangan, peserta pelatihan tetap harus atau mencetak membuat kartu peserta sendiri.

Bantuan

Berisi berbagai informasi guna membantu peminat dalam menjalani proses rekrutmen PKHI. Informasi disusun berdasarkan kataog dengan kategori-kategori tertentu. Bila terdapat kesulitan dan kendala bisa merujuk pada informasi yang terdapat pada menu ini.

Linimasa

Menu yang munggkin diminati bagi mereka yang selalu update dan eksis akan statusnya. Menu ini menerapkan updating status seperti yang ada pada portal-portal media sosial seperti facebook. Dalam pemanfaatannya nanti bisa berguna sebagai sarana komunikasi dan sebagai pemantau dan mendia pelaporan petugas.

Berita

Kolom tempat informasi-informasi baru yang akan tersampaikan langsung ke PKHI-ku. Berbeda dengan inbox yang merupakan copy atau kembaran dari inbox yang ada di akun, informasi pada menu ini bisa lebih dinamis, beragam dan disesuaikan dengan keperluan.

Contact

Bila masih terkendala dan menemui masalah terkait rekrutmen PKHI bisa disampaikan melalui menu ini. Sebagai sarana yang disediakan guna menampung semua kendala dan masukan sekaligus sebagai sarana komunikasi yang disediakan secara resmi.
Untuk lebih jelasnya kami persilahkan untuk mencoba secara langsung aplikasi ini. Aplikasi dapat di download disini
Menurut saya ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki, paling tidak agar aplikasinya banyak penggunanya dan nyaman saat digunakan. Yang pertama adalah tidak adanya sistem notifikasi selayaknya aplikasi android saat ini. Notifikasi penting karena berhubungan dengan kecepatan calon petugas kesehatan haji untuk mengetahui informasi ter-update dari penerimaan petugas kesehatan haji Indonesia. Kalau aplikasi ini tidak bisa memberikan notifikasi tersebut, alangkah baiknya diserahkan ke aplikasi lain.
About Syaifuddin Zuhri 134 Articles
Seorang muslim, praktisi medis di sebuah rumah sakit provinsi, lulusan fakultas kedokteran Undip, alumni TKHI 2015 SUB 25

Be the first to comment

Kami bukan PANITIA REKRUTMEN, terima kasih telah menyesuaikan pertanyaan/komentar